Om Swastiastu Rahajeng Semeng/ Selamat Pagi Semeton #infobudayabali kami ingin membagi istilah-istilah yang sering kita sebutkan dalam keseharian melakukan Persembahyangan Pranam adalah mengatup kedua tangan kemudian melakukan Puja (doa) yang dalam bahasa Sanskerta disebut pr?rthan? Sembahyang berasal dari kata Sembah (menyerahkan diri seutuhnya) Hyang artinya ditujukan kepada Tuhan, Dewa,Roh serta kekuatan semesta kata "Hyang" telah ada pada PraHindu & Budha merupakan kepercayaan Asli penduduk Nusantara Istialah-istilah sikap Persembahyangan HINDU

1. Pada Asana (padasana): Pada= berdiri,Asana = sikap sempurna. Adalah sikap sembahyang dengan mengambil sikap berdiri sempurna.Biasanya untuk melakukan puja tri sandya. Sikap ini bisa dilakukan oleh pria dan wanita.

2. Padma Asana (padmasana): Padma = duduk bersila,Asana = sikap sempurna. Adalah sikap sembahyang dengan mengambil sikap duduk bersila. Biasanya dilakukan saat sembahyang ditempat suci/pura. Sikap ini dilakukan oleh kaum pria.

3. Bajra Asana (bajrasana): Bajra = duduk bersimpuh,Asana = sikap sempurna. Adalah sikap sembahyang dengan mengambil sikap duduk bersimpuh. Biasanya dilakukan saat bersembahyang di tempat suci/pura. Sikap ini dilakukan oleh wanita.

4. Sawa Asana (sawasana): Sawa = mayat/menyerupai mayat,Asana = sempurna. Adalah sikap sembahyang dengan mengambil sikap seperti tubuh orang meninggal. Sikap ini dilakukan jika yang bersangkutan tidak bisa berdiri ataupun duduk (dalam keadaan sakit). Sikap ini bisa dilakukan oleh pria ataupun wanita.

Fotodue; @rakabujangga Sumber; kamus besar Bahasa Indonesia,Sikap Dalam Puja #infobudayabali #baliyangbali #SastraHindu